Obat Keputihan

Oktober 20, 2010 at 7:57 am Tinggalkan komentar

Inilah penyakit yang sering diderita oleh kaum hawa. Ibarat penyakit campak, setiap wanita pasti pernah mengalami keputihan.

Sebenarnya apa sih keputihan ini dan bagaimana cara mengobatinya ???

Saya coba mengumpulkan informasi mengenai keputihan dan cara pengobatannya. Berikut ini saya sajikan untuk sahabat Indonesia, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua.

Keputihan adalah semacam silim yang keluar terlalu banyak, warnanya putih seperti sagu kental dan agak kekuning-kuningan. Jika slim atau lendir ini tidak terlalu banyak, tidak menjadi persoalan. Tapi pada umumnya wanita yang menderita keputihan mengeluarkan lendir tersebut terlalu banyak dan menimbulkan bau yang tidak enak. Ini disebabkan karena terjadinya peradangan dan infeksi pada liang vagina..

Dalam keadaan yang normal, vagina yang sehat memproduksi cairan untuk membersihkan vagina dari benda-benda asing yang tidak diinginkan. Cairan tersebut juga berfungsi sebagai pelumas dalam hubungan seksual untuk membantu penetrasi penis, serta membantu fungsi reproduksi. Sekresi alami tersebut bisa cair seperti air atau kadang-kadang agak berlendir, umumnya cairan yang keluar sedikit, jernih dan tidak berbau.

Bagi wanita yang menderita keputihan dalam jangka waktu yang lama dan menimbulkan bau yang kurang sedap harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar diketahui penyebabnya.

Penyebab keputihan antara lain :

  • Infeksi mikroorganisme yaitu jamur,virus,bakteri atau parasit
  • Ketidak seimbangan hormon dalam tubuh, biasanya karena stress dan kelelahan
  • Peradangan alat kelamin
  • Adanya benda asing dalam vagina
  • Penyakit dalam organ reproduksi seperti kanker leher rahim
  • Bagi kebanyakan pasangan rumah tangga, penyebab yang sering menimbulkan keputihan adalah hubungan suami istri

Ciri-ciri keputihan yang di sebabkan oleh mikroorganisme adalah :

  • Infeksi yang disebabkan oleh Trichomonas vaginalis ciri-cirinya : cairan yang keluar bersifat encer, berwarna hijau terang dan berbau tidak sedap, disertai dengan rasa gatal, sering buang air kecil tapi sedikit-sedikit dan rasanya panas
  • Infeksi oleh jamur Candida albicans mempunyai ciri-ciri : cairan vagina yang keluar berwarna putih, kental, ada bercak putih yang melekat pada dinding vagina, seringkali disertai rasa gatal yang intensif.
  • Infeksi oleh bakteri Gardnerella vaginalis menimbulkan cairan yang berwarna putih keruh keabu-abuan, agak lengket, berbau tidak sedap serta rasa gatal dan panas pada vagina.

Ramuan tradisional yang bermanfaat untuk mengobati keputihan adalah  amuan sejenis kunci-suruh.Ramuan ini terdiri dari dari campuran temu kunci(biasanya kunci pepet) dengan daun sirih.

Kedua bahan ini dicuci bersih lalu direbus dengan segelas air dalam panci tertutup.Setelah mendidih lalu matikan api lalu minum selagi hangat,dua kali sehari satu gelas,selama 7 hari.

 

Selain itu anda juga bisa membuat  ramuan untuk cuci atau rendam vagina.Caranya 10 lembar daun sirih yang segar tapi cukup tua warna hijau daunnya,dicampur  1 sendok makan serbuk delima putih.

Campuran direbus dengan 400 cc air dalam panci terutup sampai mendidih,matikan apinya dan diamkan air rebusan sampai hangatnya cukup bisa diterima untuk mencuci vagina.,baik untuk cebok,berendam atau disemprotkan  kedalam vagina(Sebaiknya menggunakan alat seperti botol plastik dengan mulut yang panjang yang setiap pemakaian harus dibersihakn dengan air panas.Semoga bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba.

Keputihan adalah semacam silim yang keluar terlalu banyak, warnanya putih seperti sagu kental dan agak kekuning-kuningan. Jika slim atau lendir ini tidak terlalu banyak, tidak menjadi persoalan. Tapi pada umumnya wanita yang menderita keputihan mengeluarkan lendir tersebut terlalu banyak dan menimbulkan bau yang tidak enak. Ini disebabkan karena terjadinya peradangan dan infeksi pada liang vagina.

Entry filed under: Resep Sehat. Tags: , , , , , , , , , .

Buku Mewarnai Gambar/Huruf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


IN ENGLISH

free counters
Protected by Copyscape Online Copyright Search

%d blogger menyukai ini: